Minggu, 31 Maret 2013

10 Pasangan Video Game Paling Tragis Sepanjang Masa


Berusaha mendefinisikan kata “Cinta” secara pasti memang bukan perkara mudah. Ada yang menyebutnya sebagai luapan emosi senang yang berlebih terhadap satu objek, ada yang menyebutnya sebagai kesediaan untuk mengorbankan kepentingan diri sendiri demi orang lain, namun tidak sedikit pula yang melihatnya sebagai reaksi kimia di otak yang terjadi secara natural dan tidak dapat dikendalikan. Namun terlepas dari berbagai sudut pandang yang  mengitarinya, cinta dan kasih sayang memang menjadi salah satu bagian terpenting untuk memberikan makna bagi perjalanan hidup seorang individu, bahkan untuk mereka yang hidup dalam dunia fiksi sekalipun. Tidak terkecuali, para karakter di video game.
Plot penuh intrik, aksi brutal penuh darah dan potongan tubuh, serta berbagai misteri yang menunggu untuk dipecahkan memang menjadi daya tarik yang membuat banyak orang awam akhirnya mulai menumbuhkan identitas sebagai seorang gamer. Namun tidak hanya itu saja, tidak sedikit pula game yang menawarkan kehangatan lewat cerita cinta dan romantisme cinta sebagai bagian yang tidak terpisahkan, bahkan cenderung menjadi pondasi untuk menciptakan pengalaman yang lebih memorable. Sayangnya, video game bukanlah dongeng, tidak semua cerita cinta memiliki akhir bahagia. Dari lusinan kisah yang ada, tidak sedikit pula pasangan yang harus berhadapan dengan tragedi, mimpi buruk, dan air mata sebagai sebuah monumen komitmen dan cobaan. Tidak jarang, pasangan-pasangan inilah yang berhasil mendefinisikan kata cinta yang lebih baik, walaupun dari sudut kehidupan yang lebih gelap dan kelam.
Dari semua karakter pasangan yang ada di industri game, siapa sajakah pasangan yang memiliki cerita cinta paling tragis sepanjang masa? Kami merangkum 10 yang terbaik untuk Anda.

10. Gabriel Belmont & Marie Belmont (Castlevania: Lord of Shadow)



Tidak ada kejadian yang lebih menyedihkan bagi pasangan ketika harus berhadapan dengan rasa kehilangan, ketidakmampuan untuk bertemu dan berinteraksi dengan sosok yang berbagi rasa penderitaan dan cinta yang sama. Tragedi inilah yang terjadi pada sang karakter utama – Gabriel Belmont dan istri tercintanya – Marie Belmont. Ketika Gabriel tengah menjalankan tugas suci dari Brotherhood, serangan dari makhluk penuh kutukan menghabisi nyawa Marie dan membuat arwahnya tidak mampu bergerak ke dunia lain. Namun Gabriel tidak menyerah begitu saja. Mengetahui tentang sebuah artifak yang mampu menghidupkan kembali mereka yang telah mati – The God Mask, Gabriel melewati berbagai cobaan untuk bertemu kembali dengan Marie. Namun begitu artifak ini berada di tangan? Tragedi yang lebih menyedihkan justru kian menimpa pasangan ini.

9. Lenne & Shuyin (Final Fantasy X-2)


Ada begitu banyak motif untuk mengacaukan kedamaian di dunia dan menyusun rencana untuk menghancurkannya, pernyataan tersebut tampaknya cocok untuk menggambarkan kisah cinta antara Lenee dan Shuyin dari Final Fantasy X-2. Rasa dendam dan resolusi perasaan yang tidak terselesaikan membuat arwah dua sejoli yang hidup di era 1.000 tahun sebelum era Tidus dan Yuna ini membuat mereka menjadi ancaman yang berbahaya. Di masa ketika Zanarkand dan Bevelle berperang, Lenne yang merupakan seorang summoner, diminta untuk bertempur di garis depan membantu kepentingan Zanarkand. Sang kekasih – Shuyin yang mengkhawatirkan keselamatannya kemudian memutuskan untuk menempuh jalan ekstrim. Ia berusaha mengaktifkan senjata penghancur massal milik Bevelle – Vegnagun untuk memastikan Lenne tak perlu ambil bagian di dalam perang. Aksi Shuyin yang hampir berhasil ini justru dihentikan oleh Lenne sendiri. Namun pertemuan ini berakhir tragedi, keduanya ditembak mati oleh pasukan Bevelle yang sudah mencium rencana keduanya. Ucapan cinta yang diucapkan Lenne di akhir hayatnya tak pernah sampai di telinga Shuyin, dan berakhir pada dendam yang terus bertahan hingga 1.000 tahun setelahnya.

8. Hal Emmerich & Sniper Wolf (Metal Gear Solid)

Seorang geek yang jatuh cinta kepada pembunuh berdarah dingin nan seksi yang eksotis, kisah cinta antara Hal Emmerich dan Sniper Wolf di Shadow Moses memang masih menjadi salah satu misteri terbesar di industri game. Hal Emmerich aka Otacon memang dengan jelas memperlihatkan kecenderungan cinta matinya terhadap Sniper Wolf, yang akhirnya dihabisi oleh Solid Snake. Apakah Sniper Wolf berbagi perasaan yang sama? Misteri dan perasaan inilah yang harus ditanggung dan dipikul oleh Otacon, bahkan cukup untuk membuatnya menihilkan berbagai probabilitas untuk menjalin cinta dengan orang lain. Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa Sniper Wolf hanya melihat Otacon sebagai seorang sahabat semata, namun izin yang diberikan bagi Otacon untuk memelihara serigala-serigala kesayangannya dan memberi makan mereka mengindikasikan sebuah hubungan yang jauh lebih mendalam. Pada akhirnya, semua memorabilia dan kenangan yang ada di benak Otacon menjadi sebuah tragedi yang sulit untuk diatasi.

7. Kratos & Lysandra (God of War)

Kratos yang selama ini kita kenal memang sosok yang brutal, penuh darah, dan tidak segan untuk melakukan apapun untuk memuaskan rasa dendamnya, termasuk membunuh semua dewa di Olympus dan membawa kiamat bagi seluruh umat manusia. Namun di masa-masa hidupnya sebagai seorang ksatria Spartan yang hidup mengabdi di bawah Ares – sang dewa perang, Kratos tak ubahnya manusia biasa. Terlepas dari hidupnya yang penuh perang dan kematian, Kratos selalu kembali pada sang cinta utama – Lysandra dan anak satu-satunya yang ia sayangi – Calliope. Namun serangan yang dilakukan Sparta pada kuil Athena mengubah hidup Kratos sepenuhnya. Dipengaruhi oleh kekuatan Ares, Kratos secara tidak sadar, mulai membunuh semua penghuni kuil tersebut secara membabi buta. Salah satu korbannya? Sang istri dan anak tercinta – Lysandra dan Calliope. Penyesalan, kesedihan, dan rasa bersalah terus menghantui Kratos sejak tragedi tersebut terjadi, bahkan cukup untuk mendorongnya untuk terus memburu dan akhirnya membunuh Zeus. Dan pertobatan itu harus ditebus dengan cara yang tidak mudah.

6. Dominic Santiago & Maria Santiago (Gears of War)


JagatPlay sendiri sempat memberikan tribut yang tinggi dan memasukkan pasangan dua sejoli – Dominic Santiago dan Maria Santiago sebagai salah satu kisah cinta paling romantis di video game. Namun kisah yang mengikat keduanya harus pula diakui mengabadikan mereka sebagai salah satu pasangan video game paling tragis yang pernah ada. Bagi Dom, Maria adalah cinta senjati yang tidak tergantikan. Diculikan dan dijadikan sebagai bahan percobaan oleh para Locust, Dom tidak pernah kehilangan harapan untuk menemukan Maria kembal. Bertempur melawan ratusan pasukan Locust, masuk ke dalam inti bumi dan menghancurkan markas mereka, terlibat dalam beberapa event yang hampir mencabut nyawanya, Dom akhirnya berkesempatan untuk bertemu Maria setelah sekian lama. Namun ia bukanlah lagi sosok Maria yang terpatri dalam memorinya. Apakah ini menghalangi cinta Dom terhadap Maria? Not even a bit..

5. James Sunderland & Mary Sheperd Sunderland (Silent Hill 2)



Kehidupan pernikahan bukanlah sebuah cerita dongeng yang selalu berakhir pada kebahagiaan untuk selama-lamanya, dan tidak ada yang lebih baik memproyeksikan beragam skenario terburuk yang dapat terjadi di dalamnya selain Silent Hill 2. Kehidupan sang karakter utama – James Sunderland seolah tidak pernah lepas dari nasib buruk. Menikahi wanita yang ia cintai – Mary Sheperd harus berjuang dengan penyakit berbahaya yang membuatnya harus dikarantina di dalam rumah sakit, selama tiga tahun terakhir hidupnya. Sakit ini kemudian menghancurkan hidup pernikahan dan hidup James yang harus menerima rasa frustrasi dan amarah dari sang istri terus-menerus, membuatnya beralih pada alkohol. Kedamaian dan pertemuan misteriusnya di Silent Hill justru membuka sebuah kebenaran akan tragedi lain, penyebab utama tewasnya sang istri tercinta – Mary Sheperd. James menyadari sesuatu yang akan terus menghantui hidupnya.

4. Jackie Estacado & Jenny Romano (The Darkness)



Teman masa kecil yang sudah lama mengenal sosok dirinya, penuh dengan rasa sayang dan cinta, tidak ada alasan bagi Jackie Estacado untuk mengembangkan perasaan yang sama terhadap sang pacar – Jenny Romano. Namun “pekerjaan” Jackie yang berbahaya membuat Jenny terjebak dalam bahaya yang tidak pernah ia prediksikan sebelumnya. Diculik oleh sang boss besar – Paulie, Jenny disiksa secara brutal dikala Jackie bertempur dan berjuang untuk membebaskannya. Namun malang bagi keduanya, Paulie yang tidak kenal kata ampun menghabisi sang cinta sejati Jackie – Jenny dengan sebuah peluru yang mengalir cepat menembus kepalanya. Rasa bersalah, trauma, kerinduan, dan penyesalan terus menghantui Jackie. Apakah kisah cinta ini berakhir begitu saja? Tentu saja tidak. Alih-alih tenang, jiwa Jenny justru terperangkap dan dimanfaatkan sebagai “alat penawaran” oleh The Darkness untuk memaksa Jackie melakukan apapun yang ia minta. Namun, cinta Jackie lebih besar dari kegelapan manapun. Ia akhirnya memutuskan diri untuk bertempur melawan sumber kekuatannya sendiri – The Darkness untuk membebaskan jiwa Jenny.

3. Master Chief & Cortana (Halo 4)



Absurd, ini mungkin kata pertama yang terlontar dari mulut Anda ketika menyimak drama yang terjadi antara dua sosok krusial di franchise Halo – Master Chief dan A.I. yang selalu setia menemani setiap perjalanannya – Cortana. Kisah cinta antara dua entitas yang hampir tidak mungkin bersatu, namun saling melindungi dan membantu satu sama lain ini akhirnya mencapai puncaknya di seri terbaru racikan 343 Industries – Halo 4. Walaupun tidak pernah secara jelas menyebut kata cinta sama sekali, namun hubungan yang tercipta antara Chief dan Cortana memang mendefinisikan makna cinta yang sebenarnya, dimana pengorbanan seolah menjadi bagian yang tidak lagi dapat diganggu gugat. Klimaksnya? Dalam kondisi kritis menunju kepunahannya, Cortana tetap bersikeras untuk membantu Chief yang tengah berjuang melawan ancaman Promethean dan Convenant. Walaupun akhirnya harus hancur dan lepas dari cengkraman Chief yang begitu dicintainya, untuk sepersekian detik, Cortana termaterialisasi dan berkesempatan untuk menyentuh dan berhadap-hadapan dengan Chief, mimpi yang sudah lama ia dambakan. “I’m not coming with you this time…most of me is down there. I held only enough back to get you off the ship.”, yeah, i can’t hold my frakking tears. Sebuah kisah cinta yang berakhir tragis.

2. Ezio Auditore & Cristina Vespucci (Assassin’s Creed II: Brotherhood)



Siapa yang bisa menyangkal bahwa Ezio Auditore merupakan seorang penakluk wanita yang tidak perlu diragukan lagi reputasinya. Namun, terlepas dari gayanya yang flamboyan, assassin ini ternyata menyimpan salah satu kisah cinta paling tragis yang pernah ada. Berkenalan dengan sosok Cristina Vespucci dari sang kakak, Ezio terlibat dalam drama dan kisah cinta yang tak lekang oleh apapun. Berada di sisi Ezio ketika serangan terhadap Auditore yang menewaskan sang ayah dan kakak terjadi, Cristina harus menolak ajakan Ezio untuk pindah ke Monteriggioni karena masalah keluarga. Berpisah dan kemudian bertemu kembali sebagai seorang assassin, Ezio ternyata harus menemukan fakta yang menyakitkan – bahwa Cristina Vespucci kini telah bertunangan dengan pria lain – Soderini dan akhrinya menikah. Romansa ini berhenti karena sikap Cristina yang keras untuk tetap setia. Namun apa yang terjadi? Ancaman yang menimpa sang suami justru membawa nyawa Cristina berada di ujung tanduk. Terluka dan sekarat, Cristina bertemu kembali dengan Ezio di penghujung hidupnya. Ia menunjukkan sebuah kalung pemberian Ezio yang dipakainya selama lebih dari 22 tahun, mengindikasikan cintanya yang tak pernah berkurang sedikit pun. Di dekapan Ezio, Cristina Vespucci menghembuskan nafas terakhirnya, sekaligus menggariskan salah satu romansa cerita cinta video game paling tragis yang pernah ada.

1. Cyan Garamonde & Elayne (Final Fantasy VI)

Dari semua seri Final Fantasy yang pernah ditelurkan oleh Squaresoft (sekarang dikenal sebagai Square Enix), Final Fantasy VI memang menjadi yang terbaik. Visualisasinya mungkin sederhana, namun FF VI menawarkan salah satu plot, karakterisasi, drama, musik, hingga konflik terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah Final Fantasy. Di balik ambisi dan kegilaan sang tokoh antagonis utama – Kefka yang menelan begitu banyak nyawa, hadirlah kesedihan, amarah, dendam, dan air mata Cyan Garamonde, seorang ksatria tua yang hidup damai bersama istri dan anaknya – Elayne dan Owain. Rencana busuk Kefka yang menebar racun mematikan di sumber air Doma Castle mmebuat Cyan harus kehilangan dua orang yang amat dicintainya tersebut. Dengan amarahnya yang membara, ia menyerang kamp pasukan Imperal seorang diri dan memutuskan untuk bergabung dengan perjalanan sang karakter utama. Tidak pernah mampu melupakan keduanya, Cyan akhirnya berkesempatan untuk berteu dengan Elayne dan Owain untuk terakhir kalinya di Phantom Train – sebuah kereta yang memang bertugas untuk “menyeberangkan” para arwah ke dunia selanjutnya. Sebuah kata cinta menjadi ucap perpisahan Elayne dan Cyan untuk selama-lamanya.

sumber: click here


Tidak ada komentar:

Posting Komentar