Minggu, 31 Maret 2013

10 Kisah Cinta Paling Romantis di Video Game

Hampir semua game, terlepas dari genre apapun yang diusung, seringkali membawa cerita cinta sebagai bumbu pelengkap yang paling mumpuni. Ia menghadirkan drama yang tidak bisa didapatkan hanya dari sekedar pertarungan skala besar atau pertempuran epik dengan monster super-besar. Tidak jarang, cerita cinta ini justru menjadi dasar dari semua cerita yang dibangun. Dari semua cerita cinta yang pernah lahir di industri game, munculah para pasangan kekasih di video game yang juga tak kalah memorable. Mereka berbagi eksistensi yang sama, hingga hampir tak mungkin hidup tanpa yang lainnya. Beberapa memang indah bak cerita dongeng, namun tidak jarang pula yang memperlihatkan tragedi sebagai bentuk nyata cinta yang sebenarnya.
Dari semua pasangan kekasih di industri game, siapa sajakah 10 pasangan kekasih paling “romantis” dari video game?

10. Nathan Drake & Elena Fisher (Uncharted)


Memang cukup sulit untuk mendefinisikan Nathan Drake & Elena Fisher sebagai pasangan kekasih yang romantis. Drake sendiri tidak pernah berbicara terbuka bahwa ia mencintai Elena, dan begitu juga sebaliknya. Namun bagi gamer yang pernah memainkan seri Uncharted sebelumnya tentu menyadari bahwa kedua karakter ini memang tidak dapat dipisahkan begitu saja. Ketika Drake berada dalam bahaya besar, Elena selalu berada di sisinya, siap untuk mengorbankan banyak hal untuk menyelamatkan Drake dari ancaman. Drake juga selalu siap pasang badan jika bahaya datang mengancam nyawa Elena. Sikap saling memahami dan melindungi ini sudah menjadi bagian yang paling sederhana dari tumbuhnya cinta di masa depan. Drake dan Elena juga sempat terlibat beberapa kali event romantis yang mungkin dapat berkembang jauh.

9. Jansen Friedh & Ming Numara (Lost Odyssey)


Ada yang percaya pada cinta pertama, ada yang percaya bahwa cinta datang dari proses pengenalan yang lebih jauh. Bagi Jansen, kedua proses inilah yang membuat hatinya tak mampu melepaskan sosok Ming. Setelah terkenal sebagai playboy kawakan, hati Jansen langsung terenyuh melihat Ming Numara, seorang ratu yang memimpin salah satu negara terbesar di dunia Lost Odyssey. Walaupun status sosial antar keduanya yang sudah terhitung berat untuk dilompati, Jansen terus berupaya mendapatkan cinta dari Ming. Sampai akhirnya ia menemukan fakta bahwa Ming adalah manusia abadi yang tidak bisa mati. Bukannya takut, Jansen justru terus berkomitmen untuk membuktikan cintanya dan bersedia menghabiskan seluruh masa hidupnya dengan Ming, walaupun ini tak akan menjadi cinta sehidup semati. Ketika Ming menerima cinta Jansen, para gamer yang pernah memainkan Lost Odyssey pasti merasakan ada satu gejolak yang hangat di hati. Ini adalah salah satu kisah cinta paling manis di dunia RPG.

8. Prince & Farah (Prince of Persia: Sands of Time)


Sebuah cerita tentang pangeran tidak akan lengkap tanpa kehadiran seorang putri yang cantik jelita. Hal inilah yang mungkin ditemukan oleh Prince ketika berpetualang dan berjuang sembari mengendalikan waktu dengan Sands of Time. Dalam perjalanannya yang berat ini, Prince bertemu dengan sosok wanita misterius yang ternyata juga selamat dari kekuatan sihir berat yang menyelimuti kerajaan. Walaupun tidak saling mengenal, keduanya saling membantu untuk memecahkan misteri yang terjadi. Berbeda dengan putri kerajaan di cerita dongeng yang sering digambarkan sebagai wanita anggun yang tidak bisa berbuat banyak, Farah mewarisi kekuatan dan kelincahan yang hampir setara dengan sosok Prince. Tidak heran jika kedua karakter ini seperti pasangan memang tercipta untuk satu sama lain.

7. Dominic Santiago & Maria Santiago (Gears of Wars)


Kata-kata gombal tentu sering dilancarkan oleh pasangan muda-mudi untuk meyakinkan pasangannya betapa cinta mereka begitu besar. “Aku rela menyeberangi lautan dan mendaki gunung tertinggi, untuk cintamu”. Semua kata-kata ini sama sekali tidak berarti jika melihat perjalanan dan pengorbanan yang sudah dilakukan oleh Dominic Santiago aka Dom di Gears of Wars. Tanpa pernah mengemukakan kata cinta sama sekali, Dom tanpa lelah berusaha mencari dan menyelamatkan istrinya yang ditawan dan dijadikan bahan percobaan oleh para Locust. Dom benar-benar melewati semuanya untuk istrinya ini. Ia melawan lusinan peleton pasukan Locust, menyelami gua terdalam hingga inti bumi, menaiki monster-monster besar. Walaupun pada akhirnya semua hanya berujung pada tragedi yang tragis, Dom tetap mewakili sebuah kisah cinta idaman di dunia nyata.

6. Solid Snake & Meryl Silverburgh (Metal Gear Solid)


Perjumpaan dalam situasi yang aneh antara Solid Snake dan Meryl di Metal Gear Solid: Solid Snake menghasilkan sinyal-sinyal elektrik yang ternyata berkesan untuk keduanya. Setelah berhasil selamat bersama dari serangan Metal Gear Rex dan ambisi Liquid Snake yang menyeramkan, Meryl dan Snake memang memutuskan untuk berpisah jalan. Sosok wanita kharismatik ini juga tidak terlihat di seri sekuel Sons of Liberty yang memuat usaha Snake untuk membuka tabir misteri Metal Gear Ray. Namun, sebuah kejutan tampil di seri terakhir – Metal Gear Solid 4. Solid Snake yang untuk pertama kalinya bertemu Meryl setelah sekian lama akhirnya berbicara terbuka dan terang-terangan tentang perasaan mereka masing-masing. Meryl mengemukakan bagaimana sosok Snake tidak pernah meninggalkan hatinya. Respon Snake? Dirinya yang semakin menua menginginkan pasangan yang lebih pantas untuk Meryl. Ini semacam cinta yang tidak harus saling memiliki. Indah, tetapi sekaligus juga miris.

5. Stahn Aileron & Rutee Katrea (Tales of Destiny)


Di dunia nyata, pasangan terbaik adalah mereka yang bisa menyelesaikan masalah bersama, bukan?. Namun di dunia RPG, pasangan yang terbaik adalah mereka yang mampu bertarung dengan baik bersama. Di keseluruhan dunia Tales, tidak ada satupun pasangan yang mampu mengalahkan keserasian pasangan Stahn Aileron & Rutee Katrea dari seri Tales of Destiny pertama. Walaupun cerita yang terbangun tidak berfokus pada kisah cinta mereka berdua, namun semua gamer tentu dapat merasakan bagaimana kedua karakter  ini mampu bertarung bersama dengan sempurna, hingga pada batas, lemah tanpa kehadiran yang lain. Setelah akhir krisis di Tales of Destiny, Stahn pindah ke Cresta dan menikahi Rutee. Dari buah pernikahan mereka, lahirlah Kyle.

4. Wander & Mono (Shadow of Colossus)


Seperti kisah yang diperlihatkan Dom di Gears of Wars, pengorbanan memang menjadi intisari yang paling penting dari cinta. Hal inilah yang juga menjadi fokus cerita dari salah satu game unik yang pernah lahir di industri game – Shadow of Colossus. Wander adalah seorang pria biasa yang berani memegang pedang dan panah melawan 16 raksasa yang berukuran ratusan kali badannya, untuk satu tujuan, mengembalikan kehidupan bagi wanita yang dicintainya. Pengorbanan yang diperlihatkan Wander memang terasa signifikan berkat mekanisme gameplay yang ditawarkan oleh game ini. Wander benar-beanr tampil sebagai manusia biasa yang tidak memiliki kekuatan super dan privilege tertentu untuk mengalahkan setiap Colossus dengan mudah. Setiap nyawa raksasa yang diklaimnya harus melewati proses perjuangan yang berat. Semuanyan demi cinta.

3. Cloud Strife & Aerith Gainsborough (Final Fantasy VII)


Memang tidak mudah untuk menetapkan pasangan ini sebagai salah satu pasangan yang memberikan nuansa romansa di industri game. Walaupun harus diakui, Final Fantasy VII memberikan salah satu tragedi cinta paling tragis yang pernah lahir di dunia game lewat kematian Aerith di tangan Sephiroth, Namun pada kenyatannya, kisah cinta Cloud dan Aerith hanyalah sebuah kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Cinta sejati Aerith hanyalah pada sosok Zack Fair, mentor dari Cloud sendiri. Cinta yang dilemparkan oleh Cloud, perasaan tertarik dan sayang yang diperlihatkannya sama sekali tidak menembus hati Aerith. Tetapi kisah cinta ini sendiri memang begitu mengena. “Pasangan” Cloud dan Aerith adalah salah satu cerita bagaimana romantisme dapat muncul dari tragedi yang mengundang air mata.

2. Max Payne & Mona Sax (Max Payne)

Partner in crime, sebagian besar dari kita tentu mengharapkan pasangan yang mampu melakukan hal ini. Berbagi rasa cinta dan ketertarikan pada hal yang sama, di sisi yang lain mampu meraih dan melakukannya dengan keterampilan yang sama baiknya. Kisah inilah yang mungkin paling cocok untuk mendeskripsikan cinta Max Payne & Mona Sax. Walaupun keduanya seringkali berseberangan dalam berbagai hal, namun Payne dan Sax adalah dua sejoli yang tidak bisa terpisahkan. Ketika pada saatnya mereka harus saling membunuh, rasa cinta mereka menghalangi setiap peluru yang mungkin terluncur dari moncong senjata mereka masing-masing. Payne yang begitu dingin hanya bisa diluluhkan oleh kekuatan Sax, dan begitu  juga sebaliknya. Max Payne & Mona Sax adalah salah satu pasangan kekasih terbaik di industri game.

1. Tidus & Yuna (Final Fantasy X)


Dari semua seri Final Fantasy yang pernah dihadirkan Squaresoft (sekarang Square-Enix) di industri game, Final Fantasy X harus diakui merupakan seri yang memiliki jalinan plot dengan kisah cinta yang paling dramatis dan indah. Tidus selalu datang dengan satu tekad yang sama, melindungi Yuna yang naif dengan segala cara. Ketika ia mendengar bahwa Yuna harus mati untuk menyelamatkan dunia di akhir perjuangan, Tidus mati-matian berusaha mencari jalan alternatif agar Yuna mampu menghindari tragedi tersebut. Final Fantasy X juga menjadi seri Final Fantasy pertama yang menampilkan kisah cinta ini secara eksplisit. Adegan percintaan Yuna dan Tidus di Macalania Forest harus diakui merupakan salah satu adegan paling yang indah di industri game. Namun yang terbaik selalu disimpan untuk yang terakhir. Sebagian besar gamer tentu menitikkan air mata ketika harus berhadapan dengan ending FFX yang mengharukan. Walaupun Tidus berhasil menyelamatkan Yuna, bukan berarti mereka dapat hidup bersama. Pada akhirnya, takdir yang lebih besar memaksa mereka untuk berpisah. Sebuah kisah cinta yang lebih indah dari dunia dongeng.
Demikian adalah 10 pasangan kekasih paling romantis yang pernah ada di industri game. Seperti halnya di dunia nyata, tidak semua cinta berarti senyum, kesenangan, dan kebahagiaan. Tidak tertutup kemungkinan bahwa tragedi, pengorbanan, kematian, dan air mata justru menjadi indikator cinta dan kasih sayang yang lebih kuat. Jangan ragu untuk berbagi dan memberikan komentar jika Anda merasa ada pasangan yang seharusnya masuk di atas namun tidak terwakili. Feel free to comment!

sumber:click here

2 komentar: